Minggu, 15 Februari 2015

Pariwisata di Semarang Waduk Jatibarang dan Goa Kreo




Assalamu'alikum Wr Wb

Di Semarang ada tempat rekreasi waduk Jatibarang hamparan air yang luas dan megahnya bendungan membuat pesona keindahan tersendiri, selain waduk juga ada Goa namanya Goa Kreo dan banyak juga kera kera yang ada sejak dari dulu.


Waduk Jatibarang dibangun sebagai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Pengendalian Banjir secara terpadu dan serbaguna. Hal tersebut dilakukan melalui pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan konservasi dan pendayagunaan SDA serta pengendalian daya rusak air.



Goa Kreo Semarang merupakan sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.

Kawasan Wisata Goa Kreo Semarang ini berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Monyet monyet yang ada di Goa Kreo ini adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), monyet yang ada di sini termasuk monyet yang cukup jinak, dan bisa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo.


Disarikan dari berbagai sumber Internet dan media sosial semoga bermanfaat bagi pembacanya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar