Senin, 22 Desember 2014

Transportasi terpadu Trans Semarang


Assalamu'alaikum Wr Wb

Transportasi terpadau Trans Semarang 

TransSemarang adalah sebuah layanan angkutan massal berbasis BRT (Bus Rapid Transit). Saat ini TransSemarang telah membuka 4 Koridor, yaitu Koridor 1 jurusan Mangkang - Penggaron, Koridor 2 jurusan Terboyo - Sisemut Ungaran,  Koridorjurusan  Pelabuhan – Akpol  dan Koridor 4 Terminal Cangkiran - Bandara Ahmad Yani-stasiun tawang.

Rute & Halte BRT Trans Semarang

Koridor I (Mangkang – Penggaron)
Trans Semarang koridor I diresmikan pada tanggal 18 September 2009. Koridor I ini menggunakan Bus Ukuran besar untuk melayani penumpang dari Terminal Mangkang sampai Terminal Penggaron.

Koridor II (Terboyo - Sisemut/Ungaran)
Trans Semarang Koridor II diresmikan pada Senin tanggal 1 Oktober 2012 oleh Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Halaman Balai Kota Semarang Jalan Pemuda. Koridor II ini menggunakan Bus Ukuran Medium untuk melayani penumpang dari Ungaran sampai dengan Terminal Terboyo Semarang.

Koridor III (Pelabuhan - Akpol)
TransSemarang Koridor 3 Mulai beroperasi semenjak 1 November 2014, dan diresmikan penggunaannya oleh Bpk Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, pada tanggal 5 November 2014. Menggunkan Bus ukuran Medium seperti Koridor 2 dan 4.

Koridor IV (Terminal Cangkiran - Stasiun Tawang)
Trans Semarang Koridor IV diresmikan pada tanggal 2 Desember 2013. Pada awal peluncuran, koridor IV ini menggunakan armada bus berukuran besar namun atas masukan dari berbagai pihak, armada koridor ini diganti dengan bus berukuran medium. Koridor ini juga pada awal rencara hanya sampai Bandara Ahmad Yani namun dengan berbagai pertimbangan , mulai 1 Agustus 2014 jalur koridor ini diperpanjang sampai Stasiun Tawan

Lokasi Halte Transit Trans Semarang
Halte Transit Trans Semarang adalah Halte yang khusus diperuntukkan bagi para penumpang yang ingin berpindah koridor/bis, dengan adanya Halte khusus ini, penumpang tidak perlu membayar lagi jika ingin berganti bis/koridor.

Halte SMA 5 Semarang (Koridor 1 dan 2)
Halte Balaikota Semarang (Koridor 1, 2, 3 dan 4)
Halte Stasiun Tawang (Koridor 2, 3 dan 4)
Halte Pengadilan (Koridor 1 dan 4)
Halte Pasar Karang Ayu (Koridor 1 dan 4)
Halte kota lama (Koridor 2 dan 4)
Halte Simpang Lima (Koridor 1, dan 3. Koridor 2 berlaku jika ruas Jalan Pemuda tempat Halte SMA 5 & Balaikota tidak dapat dilalui)


Jam operasional: 05.30 (Bus pertama berangkat dari Pool) - 17.30 WIB (Bus terakhir berangkat dari Pool)

Tarif BRT Trans Semarang

Pelajar : Rp 1.000,-
Umum : Rp 3.500,-

Tarif sekali jalan, pindah koridor hanya pada halte transit tidak dikenakan biaya tambahan, pindah koridor tidak di halte transit akan dikenakan tarif normal.

Disarikan dari : http://id.wikipedia.org/wiki/TransSemarang dan media lainnya semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar